Universitas Muhammadiyah Sorong

Lembaga Penelitian, Publikasi & Pengabdian Pada Masyarakat

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) adalah sebuah unit kerja di lingkungan Universitas Muhammadiayah Sorong yang menjadi pusat pengelolaan serta pengembangan kegiatan Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, untuk mengejawantahkan amal sholeh guna melaksanakan Tri darma perguruan tinggi. Lebih dari itu Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat  merupakan wujud dari Akhlak segenap civitas akademika UM-Sorongdalam mengembangkan Ilmu yang amaliah, dan dalam mewujudkan amal yang ilmiyah sehingga pada gilirannya menjadi bagian dari siklus pembelajaran guna pengembangan ilmu pengetahuan sekaligus teknologi terapan/amal shaleh yang empiris. LPPM sebagai lembaga yang bernaung di bawah Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), juga merupakan salah satu sendi utama dalam catur darma PTM yang merupakan salah satu roh pergerakan Muhammadiyah, suatu landasan ideologis yang senantiasa mendorong tumbuhnya amal nyata/ karya cipta dalam memaknai ajaran agama.

            LPPM UM-Sorong sebagai lembaga pengelola kegiatan penelitian dan pengabdian sebuah perguruan tinggi yang merupakan lembaga ilmiah, sangat dituntut untuk melandasi kegiatan penelitian dan pengabdiannya pada nilai nilai ilmiah. Kandungan ilmiah (ilmu pengetahuan) dalam substansi kegiatan penelitian menjadi hal yang sangat penting untuk memberikan manfaat (barokah), sehingga kegiatannya dapat memberi manfaat yang berlipat dan berkelanjutan. Substansi keilmiahan juga dapat menjadi bagian dari siklus refleksi pengembangan dan penyempurnaan dari ilmu pengetahuan itu sendiri, sehingga kegiatan penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan dapat menjadi bagian dari proses pembelajaran dalam konsep belajar sepanjang hayat. 

            Tradisi Ilmiah yang sarat akan nilai-nilai idealitas, integritas dan penuh keterbukaan juga dapat menjadi guidance dalam proses pengelolaan kegiatan penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Baik dalam proses perencanaan, proses pelaksanaan, proses evaluasi maupun proses tindak lanjut dari kegiatan itu sendiri. Penerapan tradisi ilmiah dalam proses pengelolaan kegiatan penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bisa menjadi jaminan dari mutu (quality assurance) dari kegiatan yang dilakukan.  Kegiatan penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang merupakan tradisi ilmiah tersebut memerlukan suatu perencanaan yang terpadu, untuk mensinergikan segenap potensi sumberdaya yang ada terhadap realitas tantangan yang selalu dinamis dan semakin komplek. Oleh karenanya perlu disusun Rencana Induk Penelitian (RIP) untuk memberikan arah terhadap kegiatan penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di lingkungan civitas akademika Universitas Muhammadiayah Sorong.

Translate »